Tuesday 29 January 2013

Windows 8 Problem

Assalamu'alaikum semua!
Siang yang mendung kini menjelma jadi sore kawan. Cuaca lagi nggak keruan. Tapi, asal badan terjaga kesehatannya, cuaca berubah menjadi POWER RANGERS sekalipun nggak akan takut buat menghadapinya.
Langsung ke problem WINDOWS 8. Kemaren, tepatnya kira-kira tiga minggu yang lalu (entah masih bisa dibilang sebagai hai kemaren atau enggak), ane dapat WINDOWS 8 versi terakhir dari brother ane. Thank's bro!. Nah, pertama kali lihat tampilannya sangat simpel. mungkin ini yang bisa membuat WINDOWS 8 lebih ringan and gak terlalu memberatkan komputer temen-temen. (Kalo mau WINDOWS 8 silahkan call ane di tempat biasa).
First Problem
Ane lalu bawa WINDOWS 8 ane tadi ke kantor, dan hasilnya, . . . not so bad! TAPI, . . . Pas ane upgrade WINDOWS 7 (OS komputer kantor) ke WINDOWS 8, ternyata pake Ultra ISO kagak bisa. Ane sempat bingung. Gimana cara buka file WINDOWS 8 yang masih berupa file image? Terus ane coba pake Daemon Tools dan akhirnya bisa. Kenapa kok gak bisa memakai Ultra ISO pada WINDOWS 7? Sampai sekarang masih menjadi misteri, bagi ane.
Second Problem
Beberapa minggu kemudian (tepatnya tadi malam), ane install WINDOWS 8 ke Netbook temen ane. TAPI, . . . Pas proses install selesai, ane nggak bisa membuka explore alias EXPLORE ERROR! Selain itu, semua file bereksistensi ".EXE" tidak bisa dibuka dan selalu muncul tulisan "The extended attributes  are inconsistent"! Arrrrrgh! Kenapa lagi ini?!!
Ane bingung, SUMPAH! Mana internetan ane sinyal cuman dikit, udah jam 12.00 lewat lagi! Mata pedas, tenggorokan kering, susah buang air besar de el el! Pokoknya, gitu deh. Setelah sekitar 15 menit nyari di HP kesayangan ane (padahal pengen beli yang baru lagi), ternyat ada tiga kemungkinan.
Kemungkinan Pertama, install-an corrupt dan ini yang paling ane takutin karena kalo install-an corrupt berarti ane harus INSTALL ULANG WINDOWS 8 dan artinya ane harus membuat flashdisk ane menjadi bootable disk dan artinya juga harus memformat dan siap-siap kehilangan seluruh harta benda ane yang berada di situ. Dan ane nggak mau.
Kemungkinan Kedua, ada malware. Ini yang membuat ane sedikit bingung juga dan sedikit deg-degan dan juga sedikit-sedikit ngantuk. Kenapa bisa ada malware? Padahal ane yakin flashdisk ane bersih dari kotoran dan bau apek? Hemph, kasus yang aneh. Memang ane agak tertarik dengan kasus malware ini, tapi jika itu betul, artinya ane harus download anti virus atau setidaknya rumus dari hp ane yang sinyalnya sudah merem melek. Dan ane nggak mau.
Kemungkinan Ketiga, ada masalah dengan driver sound dan harus di-disable. NAH! Yang ini ane suka, walaupun awalanya ane masih tertarik dengan kasus malware tadi. Akhirnya ane coba MEN-DISABLE SOUND DRIVER. Dengan cara klik kanan icon sound > Sound > Playback > Speakers > Prperties > Device Usage pilih disable.
Dan, . . .
TARRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!
It's No Problem
Trus, gimana mengembalikan sound drivernya? Men-disable kan berarti membunuh sound? GAMPANG! Tinggal klik kanan ikon sound trus pilih troubleshoot sound problem tunggu 5 menit dan sound hangat siap dinikmati.
Oke, sekian dulu. Ane mau ngambil jemuran ane yang belum ane cuci dari 4 hari lalu.
Wassalamu'alaikum!

UPDATE!
Ternyata trik di atas hanya berguna untuk beberapa jenis laptop n netbuk. Jadi, disable sound hanya berlaku untuk sementara. Ketika di-enable, maka kembali keluar peringatan " The attributes are inconsistent" atau kurang lebih kayak gitu.
Tadi malam, sempet kebingungan waktu nginstalin netbuknya temennya temenku. udah beberapa kali restart, tapi hasilnya nol! Hadeh, sempet kesel juga. Terus ane cari ilham lewat si Mbah. Terus ketemu satu trik, yaitu menonaktifkan sound pada Windows User Account atau apa ane agak lupa. Ane coba deh. Ternyata, It's work! But, there's another problem. Ketika membuka-buka isi explore, malah mati explore-nya terus-terusan begitu. Mau buka My Documents, explore-nya restart. Mau buka file-file di disk D, restart lagi explore-nya. Lalu ane coba opsi, open in new window, and work! So, what the problem is? Then i look around the world. And i get it. Ternyata dari satu forum, ane dapet bocoran, kalo yang bermasalah adalah tema Windows 8-nya. Soalnya, pas ane instal pertama, ane kagak format itu disk C karena banyak aplikasi terinstal. Selain itu, itu bukan netbuk temen ane and ane gak punya master aplikasinya. So, ane coba untuk mengganti temanya. Di Desktop ane klik kanan pilih Personalize terus ganti tema menjadi Windows. Teruuuuuuuuuuussss!
100% WORK!
VOILLA!!!
Akhirnya bisa tidur juga. Jadi, itu masalahnya. Tapi mungkin juga karena ada hal lain yang ane belum tahu. Tapi, nggak apa yang penting ane akhirnya bisa tidur jam setengah tiga pagi. Hemmph, Siip then sleep.
Okay, thanks for reading, See Ya!

1 comment: