Thursday 19 June 2014

Insufficient Storage Available (Penyimpanan Yang Tersedia Tidak Memadai)

Assalamu'alaikum
Magrib. Waktunya shalat. Sejenak merehatkan tubuh dan pikiran akan dunia. Mulai merebahkan kehormatan diri di hadapan Sang Maha. Alhamdulillah. Terima kasih Tuhan atas semua nikmat-Mu hari ini.
Oke, disini akan saya paparkan problem yang baru saya hadapi siang tadi. Waktu lagi liat film (bukan film dewasa lho! Karena saya sudah tua, he he) tiba-tiba playernya mati. MX Player, sebuah player video yang bagus. Dengan tampilan sederhana tapi mampu untuk memutar segala jenis video dengan ukuran berapa pun. Saya rekomendasikan pada kalian para Android Lovers!
Jadi tadi tiba-tiba MX Playernya mati setelah hang untuk sekitar 2-3 menitan. Lalu saya coba putar ulang, malah HP-nya yang restart. Dan tahu apa yang terjadi setelah HH-nya hidup kembali? Seperti sebuah misteri yang teramat susah untuk dipecahkan. MX Playernya tiba-tiba hilang! What?! Apa ini kehebatan sistem android yang menguninstal aplikasi yang crash? Oke, mungkin itu alasannya. Jadi lalu saya coba download lagi di Play Store dengan sinyal EDGE yang mendip-mendip. Dapat dua bar lagi! Halah! Sabar, sabar! Ditungguin sampai tidur-tidur masih dapat 89%. Sedikit lagi kawan! Ayo!
Memasang MX Player. . .
Kata itu yang saya harapkan muncul di bar atas android. Tapi setelah download complete malah muncul tulisan "penyimpanan yang tersedia tidak memadai"
???
Seratus tanya berkumpul di benak saya. Apakah memori internal HH saya sudah menipis hingga untuk menampung aplikasi yang besarnya 9 MB tak cukup? Bukan! Pasti bukan. Ini aneh. Akhirnya saya putuskan untuk merestart HH saya dan mencoba untuk mendownload kembali aplikasi berguna ini. Tapi hasilnya sama. Waktuku terbuang percuma karena masalah yang sebenarnya belum ketemu. Akhirnya saya tinggal untuk sholat ashar dahulu da akan mencari persoalan yang belum terpecahkan ini nanti.
Alhamdulillah, masih diberi waktu untuk shalat.
Waktunya mencari titik terang dari persoalan saya ini. Saya ketik di google " MX Player penyimpanan yang tersedia tidak memadai" Enter!
Sreeeeeet! Sebanyak sepuluh alamat website terpampang di layar HH saya dan paling atas adalah Kaskus. Saya buka. Dan saya baca, ternyata belum ada yang bisa menjawab. Kata kaskuser di forum itu, kemungkinan memang memori internalnya sudah tidak mencukupi. Tapi tidak untuk HH saya yang memori internalnya saya beri ruang 300-an MB. Lalu saya ke alamat berikutnya, Yahoo Answer. Di situ jawabannya adalah mungkin RAM-nya yang sudah tidak kuat. Memang MX Player saya belum di-update. Dan yang saya coba download adalah versi terbaru dari MX Player. Yah, mungkin saja begitu. Melihat RAM HH saya yang hanya 512 MB, mungkin memang harusnya saya cari aplikasi lain yang memadai. Tapi saya coba cari di website lainnya. Ada, tapi tulisannya bukan baasa idonesia, tetapi bahasa inggris. Astaghfirullah! Saya baru ingat. Saya rekomendasikan pada Android Lovers untuk menyetting bahasa HH-nya menjadi inggris. Kenapa? Karena ketika muncul permasalahan seperti ini, biasanya memang di Indonesia ini jarang yang terpecahkan. Bukan bermaksud meremehkan kemampuan anak negri lho! Tapi mungkin karena ada sesuatu hal hingga kurang bisa terekam di Google. So, ketika sebuah permasalahan menghinggapi HH Anda, ingat-ingat kata apa yang muncul di layar HH Anda dan dari aplikasi apa. Lalu search di Google. Itu satu tips dari saya.
Oke, lalu saya mendapatkan referensi yang kurang lebih sama. Hanya bahasanya yang sedikit berbeda. Bukan 'penyimpanan yang tersedia tidak memadai' tetapi 'insufficient storage available'. Dari sini : www.android-magz.com/2013/09/cara-mengatasi-insufficient-storage.html?m=1
Nah, saya pakai cara pertama, Lucky Patcher dan ternyata benar. Ada yang salah deng MX Player saya. Tinggal klik-klik dan beres!
Oke sekian permasalahanpada Samsung Galaxy Ch@t saya dan terima kasih
Wassalamu'alaikum

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete