Monday 6 April 2015

Membuat Readmore : data:post.body tidak ada?

Asslamualaikum all!
Ok, sebelumnya maafkan saya. Loh, kenapa? Soalnya yang saya bahas disini bukan bagaimana cara membuat readmore melainkan hanya sharing masalah.
Tadi siang, ane pas lagi online di warnet, karena kuota internet belum beli dan modemnya masih dipajang di etalase he he, iseng-iseng mau edit blog saya yang sudah usang. tadi waktu dicari ternyata tergeletak tak berdaya di pojokan ruangan sambil memgang perut. Laper, belum ada makanan sampai dua bulan.
Dan iseng-iseng lagi, mau buat readmore lalu cari petunjuk diantara jutaan postingan blogger-blogger yang sudah sukses. Saya praktekkin satu per satu. tapi, loh? Kok nggak ngaruh? Postingannya masih lurus ke bawah sampai habis. Mana readmore-nya?
Saya coba buka postingan yang lain lagi. Dicoba sekali lagi, masih kurang beruntung. Kayak tulisan di stiker hadiah jajan, coba lagi, Anda belum beruntung. Coba sampai beberapa kali kok tetep aja nggak ngefek.
Putar otak, putar badan, putar apa aja yang ada di meja biar keluar inspirasi mau diapain lagi ini blog. Akhirnya coba ganti template. Nggak sengaja (Eh, jadi keinget "nggak ada yang namanya kebetulan") nemuin artikel yang mengatakan kalau salah satu tema di blogger bisa otomatis muncul readmore, yaitu template dinamis. Tapi kok juga nggak muncul-muncul. Akhirnya saya kembali ganti template. Tapi ketika mau cari <data : post.body/> kok nggak ada? Walah,terus bagaimana nih?
Akhirnya putar lagi, kembali ganti template dan akhirnya ...
Alhamdulillah, BISA!
Ternyata problemnya adalah :
Pertama, saat menempatkan kode yang pertama, ada yang menyebutkan berada di atas </head> ada juga yang mengatakan di bawahnya. Tapi dua dari tiga lebih memilih menempatkan kode di atasnya.
Kedua, penggantian kode kedua yang mengganti <data : post.body/> dicoba dari paling bawah dahulu dan hanya satu saja. Jika yang paling bawah tidak bisa, coba kembalikan ke template awal dan coba lagi <data : post.body/> yang ada di atasnya. Biasanya hanya ada dua <data : post.body/> . Jadi tidak terlalu menyita waktu.
Yang terakhir, tidak semua template support dengan pencarian <data : post.body/>. Lalu bagaimana? Nah, di situ saya kadang sedih karena belum tahu cara menyelesaikannya. He he.
Sekian dari saya, kalau masih penasaran bisa tanya sama master-master blog.
Wassalamualaikum

No comments:

Post a Comment