Sunday 24 January 2016

Mengembalikan Aplikasi Android yang Pernah Dihapus

Assalamualaikum semua! Selamat pagi dan selamat beraktivitas kembali di pagi yang cerah ini. Mumpung masih pagi ada baiknya kalo jalan-jalan atau keluar rumah, hirup udara segar sebanyak-banyaknya biar sehat.
Bicara tentang gadget memang tidak ada habisnya. Seiring dengan majunya angka tahun, (saya tidak menggunakan kata kemajuan jaman karena sudah terlalu mainstream, ha ha) maka kebutuhan manusia juga selalu bertambah. Apalagi kalo bukan butuh untuk lebih memudahkan hidup dengan menggunakan gadget. Yah, dan itulah mengapa sekarang ini lebih banyak orang gemuk daripada orang normal. He he.
Kadang ada saat dimana kita ingin menggunakan kembali aplikasi yang dulu pernah kita pakai dan karena suatu hal kemudian kita menguninstalnya. Bagi yang lagi MPW (Manusia Pencari Wifi), mungkin memang mudah untuk kemudian menginstal kembali aplikasi yang dulu pernah ada. Bahkan untuk aplikasi dengan data bergiga-giga semacam game. Tapi bagi yang MKK (Manusia Kekurangan Kuota) menginstal aplikasi adalah sesuatu yang perlu untuk dipertimbangkan matang-matang. Karena urusannya bisa sangat panjang. Bagaimana bisa? Mari saya contohkan.
Suatu saat Anda, dengan status MKK, pengen banget instal satu aplikasi android yang dulu pernah Anda hapus. Tanpa melihat berapa kuota yang tersisa, Anda langsung begitu saja instal dari Play Store. Dan voila! Kuota Anda habis sebelum aplikasi berhasil diinstal. Dan yang terjadi selanjutnya adalah Anda menjadi sasaran kemarahan pacar, teman bahkan keluarga. Jangan tanya kenapa karena notifikasi BBM, Whatsaap dan aplikasi chat lainnya mati. Padahal orang sekarang lebih mengandalkan chatting daripada lewat sms yang sekarang mulai tergeser penggunaannya karena lebih murah. Dan kata ‘murah’ adalah kata yang menduduki kasta teratas dalam kursi perbendaharaan kata di negeriku tercinta ini. 
Ok, jadi itulah akibat dari perbuatan orang-orang yang semoga kita dijauhkan darinya. Selanjutnya, disini saya akan memberi satu solusi jitu untuk menangani masalah kerinduan akan aplikasi yang telah hilang. Saya biasa menggunakan Titanium Backup. Tapi dengan syarat HH Anda harus sudah berstatus root.
Titanium Backup akan mem-backup semua aplikasi Anda. Dengan adanya backup dari aplikasi, maka bisa disimpan di komputer. Dan suatu saat Anda ingin menggunakannya kembali, tinggal copykan file backup aplikasi tadi di folder Titanium backup dan voila! Semuanya kembali seperti semula.
Berikut tampilan dari aplikasi super ini :





Selain mem-backup aplikasi, Anda bisa memindahkan aplikasi ke kartu SD sehingga penyimpanan telepon lebih lega. Selain itu, Anda bisa membekukan aplikasi bawaan HH Anda. Maksudnya, mungkin ada beberapa aplikasi bawaan HH Anda yang kurang berguna bagi Anda. Daripada menghabiskan kuota internet dan memenuhi RAM yang berakibat lemotnya HH kesayangan Anda, lebih Anda freeze atau dibekukan. Dengan freeze, maka aplikasi takkan berjalan di belakang. Jika memang Anda merasa tidak memerlukan aplikasi bawaan HH, Anda bisa menguninstal dengan Titanium Backup. Tapi hati-hati! Jangan salah pilih, karena jika salah, bisa-bisa HH malah bootloop. Yah, meskipun kata orang, gak bootloop gak ganteng. Ha ha ha. 
NB : Data yang harus ditaruh dalam folder berbeda dari folder instal Android juga akan di-backup. Data aplikasi, biasanya data game yang ditaruh di kartu SD, tidak akan ikut di-backup. Maka, jika Anda ingin menginstal kembali aplikasi dengan data yang disendirikan, Anda juga harus memastikan data yang diperlukan ada di folder seharusnya (biasanya di folder Obb).
Kaliwungu, 24 Januari 2016, 07.54

No comments:

Post a Comment