Tuesday 21 April 2015

Mengatasi Disk Usage 100% Pada Windows 8

Assalamualaikum.
Bagaimana kabarnya? Alhamdulillah, pasti semuanya baik-baik saja. Kerja lancar, rejeki lancar, jodoh setia, makan enak. He he. Kalau ada yang meleset, ya berdoa dan sabar aja. Kata orang-orang sih, semua akan indah pada waktunya. Tapi kalau kelamaan nunggu kayak lagunya Jamrud yang ini:
Berakit-rakit kita ke hulu
Berenang kita ke tepian
Bersusah payah melulu
Bersenang-senangnya kapan?
He he. Diplesetin sedikit.
Ok, kali ini saya mau membahas masalah yang kemarin saya hadapi. Halah! Masalah lagi. Emang sih, kalau nggak mau kena masalah nggak usah hidup. He he.
Masalah pertama dan alhamdulillahnya sudah bisa diatasi adalah disk usage di notebook baru saya yang ber-OS Windows 8. Disk usage-nya selalu penuh. 100%! Bayangin! Padahal RAM-nya 2 GB, kok disk usage terus sajas sampai full gitu. Di situ kadang saya sedih.
Solusinya tetap seperti biasa. Partner kita yang sudah mulai memasuki usia senjanya, Mbah Google. Saya ketik, ‘mengatasi disk usage 100 win 8’. Sreeeeet! Puluhan artikel segera berjajar rapi membentuk barisan. Biasanya yang teratas yang bisa disebut terpercaya untuk mengatasi problem kita. Saya buka tiga web teratas. Saya baca palan sambil diingat-ingat. Ada yang bilang kena virus, ada yang bilang antivirusnya minta diupdate dan lain-lain. Saya lihat lewat Task Manager, Kaspersky saya masih normal, dan pastinya nggak perlu diupdate, karena saya ngenetnya di Telkom, lewat jaringan wifinya yang wush wush.
Ok, langsung saya share dari situs : http://semuagamedansoftware.blogspot.com/2015/01/cara-mengatasi-disk-usage-100-windows.html
Pertama, tekan tombol Win+R atau biasa disebut Run, lalu ketik services.msc. Nah, disitu terlihat service apa saja yang bekerja. Cari dua service yang berjalan yaitu : Superfetch dan Windows Search. Klik kanan lalu Properties dan disable keduanya.
Kedua, saya dapat dari Kaskus, cari service yang ketiga, yaitu Background Intelligant Transfer Service (BITS) klik kanan Properties lalu ubah jadi manual.
Ketiga, tambah kapasitas virtual memory. Untuk tutorialnya bisa dicari di website lain. Saya nggak mau kalian semua hanya mengunjungi blog saya terus, nanti saya kan jadi nggak enak dengan blogger lain. He he.
Keempat, Defragment Disk. Kalau saya kemarin memakai Tune Up Utilities buat searching problem dan sekalian defragment.
Nah, dengan empat langkah di atas, insya Allah, semuanya teratasi. Kalau masih ada problem yang mengganjal, bisa dishare di kolom komentar. Kita pecahin bareng-bareng.
Ok, sekian. Wassalamualaikum.
Tulungagung, 06 April 2015

No comments:

Post a Comment